Jumat, 27 Juli 2012

Kiat Lulus Psikotes

Kiat Lulus Psikotes

Kiat lulus psikotes disini ane bakal ngejelasin trik ngerjain soal psikotes yang biasanya diselenggarain setelah seleksi administrasi oleh HRD buat ngetahuin kecerdasan IQ n EQ kite - kite.

Jadi di psikotes yang biasa diselenggarain oleh perusahaan - perusahaan pada umumnya terutama BUMN ato PNS, sebenarnya tipe soalnya nggak berubah alias itu itu aja. Ya misalkan soal Kraepelin Pauli, Wartegg test, Logika Penalaran, menggambar pohon, menggambar manusia.

Wartegg Tes

Yak. Di Wartegg tes ini agan bakal disediain 8 kotak buat ngelanjutin gambar yang blom selese. Sebenarnya disini agan2 yang kurang jago gambar gak perlu khawatir, yang penting gambarnya jelas n dikasih nama gambar apa yang agan bikin. Jadi 4 kotak garis lurus, 4 kotak garis lengkung. Nah intinya nih, ye trik ngerjainnya sebaiknya di garis lengkung agan gambar benda mati n di garis melengkung agan gambarnye benda idup. Jadi kalo agan sampe ketuker, berarti ada nyang salah ama kejiwaan/kepribadian agan.

Wartegg Test

Nah, jadi kalo bisa lagi agan usahain deh ngegambar sesuatu yang gak kepikiran sama orang lain karena hasilnya bakal beda sama yang gambarnya umum alias pasaran. Pas ngegambar juga jangan keseringan ngapus gan, ato jangan terlalu kuat goresannya, karena itu penilaian juga. Wartegg tes ini biasanya agan dikasih 10 menitan, buat gambar, namain gambar, nomerin, n milih gambar yang menurut agan paling suka/tidak suka dan susah/mudah.

rekomendasi ane:

Kotak1(kiri atas)-> Titik hitam kecil : gambar serangga seperti laba-laba atau kupu-kupu
Kotak2(Atas)-> S terbalik : Unggas sedang terbang
Kotak3(Atas)-> Garis vertikal makin tinggi : Tiang listrik, tangga, pagar
Kotak4(kanan atas)->Kotak hitam kecil : bidak catur, konstruksi bangunan/beton
Kotak5(kiri bawah)->Dua garis sudut kiri bawah : balap mobil ata balap motor
Kotak6(bawah)->Dua garis membentuk segiempat : Komputer, kamera, televisi
Kotak7(bawah)-> titik titik yang sulit diproses sembarangan : Ulat, ular, jejak sepatu/sandal
Kotak8(kanan bawah)->Garis melengkung : Gajah, jamur

Kraepelin Pauli Tes

Jadi di tes Kraepelin Pauli ini agan-agan sekalian bakal dikasih kertas seukuran koran nyang isinye angka-angka semua bolak-balik. Nah di tes Kraepelin Pauli ini tugas agan-agan sekalian ngejumlahin tuh angka-angka dari atas ke bawah yang mana kalo hasilnya dua digit, agan tulis aja angka belakangnya (misal hasilnya 17 ditulis 7). Jadi di tes Kraepelin Pauli ini agan mesti nyiapin alat tulis yang nyaman n nggak mati di tengah jalan, usahakan pas ngejumlahin tuh angka-angka JANGAN TERGESA-GESA, ritmenya stabil aja, karena kalo agan tergesa-gesa nanti agan di tengah-tengah kecapekan n speed/ritmenya malah melambat, jadi grafiknya nurun dan agan gagal. Jangan lupa di tengah-tengah psikolog bakal bilang STOP, jangan coba-coba cheat alias ngelanjutin ngitung, dan hasilnya gak natural.


Oh iya,sesuatu yang unik, di tes Kraeelin Pauli ini agan jangan kepengaruh sama suara-suara peserta yang ngebalik kertas, karena buat beberapa orang hal ini bisa memecah konsen agan dan agan bisa down. nah tujuan dari tes Kraepelin Pauli ini buat ngukur daya tahan, emosi dan stabilitas diri. Agan bisa kok latihan tesnya disini .

Analog Verbal Tes

Di tes analog verbal ini agan sekalian bakal dikasih satu buku tipis lah, yang isinya soal-soal semua. Ada Pengetahuan Umum (tapi pake logika) ada juga itung-itungan dan nalar. Kuncinya emang logika penalaran verbal agan harus maen ditambah wawasan juga sih, misal sinonim-antonim, ngelengkapin kalimat, pertanyaan sehari-hari dan dua kata yang digabungin kesimpulannya apa. Ini nantinye bakal ngaruh ke IQ banget gan alias kecerdasan intelektual. Di tes ini juga bakal ada soal cerita itung-itungan (kayak anak SD) 20 soal, deret angka, ngegabungin puzzle bangun 2 dimensi, bolak balik kubus tiga dimensi, sama hapalan kata. Pokoknya kalo agan perfect di tes analog verbal ini, agan emang IQ nya tinggi (misal > 120) dan agan tergolong genius.  hehe.. di artikel kiat lulus psikotes ini ane gak jelasin tips-tipsnya (kepanjangan dijabarin atu atu gan)

Tes Karakter Pribadi

Nah, di tes karakter pribadi ini tergolong dalam tes EQ atau kecerdasan emosi. Disini agan-agan sekalian bakal disuguhin satu buku tipis isinya soal tentang kepribadian yang pilihan jawabannya dua ( A sama B). Agan harus milih satu soal aja meskipun dua-duanya cocok sama diri agan. jadi ini bener bener nentuin kecerdasan emosi agan-agan sekalian yang kurang lebihnya juga bakal kepake banget buat agan di dunia erja nanti. Isi soalnya sih seputar organisasi alias soft skill, misal agan lebih suka kerja sendiri atau rame-rame, gampang stress atau nggak, punya jiwa pemimpin apa nggak, suka sesuatu yang baru apa nggak, atau suka bicara atu lebih seneng diam. Jadi kiat lulus psikotes di materi ini, usahakan jawaban-jawaban agan tuh jangan jawaban egois, pilih jawaban yang lebih seolah-olah agan seneng bersosialisasi, memimpin, inovatif, berorientasi detail, ketahanan. Karena emang skill skill itu nyang dibutuhin di dunia kerja nanti.


Nah, sekian kiat lulus psikotes yang bisa ane jelasin. Jadi psikotes ini cuma salah satu dari serangkaian tes yang diselenggarain perusahaan buat seleksi pegawai, biasanya abis seleksi administrasi. Biasanya kalo udah lulus psikotes ini, dilanjutin sama wawancara HRD, wawancara pimpinan, kadang FGD (Focus Group Discussion/diskusi grup), Medical Check (tes kesehatan), trus tanda tangan kontrak kerja deh. (Horee!).. 

Jangan lupa juga gan, bagusin Curiculum Vitae (CV) agan-agan sekalian, buat sesingkat mungkin, ilangin yang nggak penting. Indeks Prestasi (IPK) juga jangan ngeremehin gan, kalo masih kuliah usahain kejar setinggi mungkin, belajar nyang bener gan, karena buat treshold juga, parameter paling gampang buat liat agan pas kuliah ngapain aja. Nah, kalo HRD nanya Gaji, pilih range yang sesuai dengan kemampuan agan (Liat perusahaannya juga pastinya, makmur apa nggak.. ;-)), biasanya sih kalo BUMN ato PNS udah ditetapin.

Goodluck gan psikotesnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar