Sabtu, 14 Juli 2012

Mengenal Teknik Fisika ITB dan Prospeknya Lebih Dekat

Bingung mau kemana selepas SMA? bagi kalian yang dari jurusan IPA, jurusan Teknik Fisika bisa jadi pilihan tepat buat kalian. Kalau kalian masih bingung apa itu Teknik Fisika, disini akan saya bahas secara mendalam apa itu Teknik Fisika khususnya Teknik Fisika ITB (Almamater saya ;p).

Teknik Fisika yang kebanyakan mempelajari aplikasi dari ilmunya Sir Isaac Newton yang mata kuliahnya banyak melakukan riset dan praktikum sebenarnya  masih banyak dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang Automatic Control.

Gedung Teknik Fisika ITB

Teknik Fisika di ITB masuk ke dalam Fakultas Teknologi Industri. Jadi, kalo kalian ingin memilih jurusan Teknik Fisika di ITB maka harus memilih Fakultasnya dulu yaitu Fakultas Teknologi Industri. Di tahun pertama nanti (Semester 1 dan 1) kalian masih akan menjalani Tahap Persiapan Bersama (TPB) dimana disitu bakal belajar dasar-dasar engineering seperti Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Dasar Pemrograman, Pengetahuan Lingkungan, Konsep Teknologi. Sebenarnya materi pelajarannya kayak SMA sih, cuma pastinya soal-soal yang dikasih pas ujian nanti bakal lebih mendalam. Intinya, di tahun pertama ini kalian harus banyak-banyak latihan soal, biasanya ada yang jual bundel soal-soal yang isinya soal-soal tahun kemarin yang lumayan bagus buat ngelatih skill kalian ngerjain ujian.

Buku Kalkulus Purcell

Di tahun kedua, barulah kalian di jurusan masing-masing, Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri. Nah, di jurusan Teknik Fisika pada tahun kedua (Semester 3 dan 4) kalian baru belajar mata kuliah Teknik Fisika. Di tahun kedua ini diberikan materi seperti Rangkaian Listrik dan Elektronika, Medan Elektromagnetik, Teknik Komputasi, Mekanika Fluida, Probabilitas dan Statistik, Termodinamika, Matematika Rekayasa dan juga Sistem Logika Digital. Di tahun kedua ini pula kalian sudah mulai diperkenalkan untuk masuk banyak Laboratorium untuk kuliah praktikum (Lab.Teknik Fisika). Di tahun kedua ini, ada tiga kuliah yang menurut saya menarik buat kalian sekaligus menantang, yang pertama Medan Elektromagnetik, dimana di kuliah ini kalian bakal banyak belajar persamaan persamaan yang njelimet, menurunkan rumus, sampai membayangkan 3 dimensi ruang vektor. Yang kedua Rangkaian Listrik dan Elektronika, disini bakal belajar rangkaian rangkaian dasar listrik (R-L,R-C,R-L-C), persamaan Thevenin-Norton, beberapa fungsi operational amplifier (Rangkaian Summer, Integrator, Differensiator, Low Pass Filter, dll). Yang ketiga Sistem Logika Digital, di kuliah ini belajar sistem bilangan, logika 'and, 'or', 'nand', 'nor' bakal dipelajari, juga kuliahnya isinya cuma angka 1 dan 0 aja juga ada tabel-tabelnya. Intinya tiga kuliah menarik ini butuh pemahaman yang ekstra untuk bisa menguasai, soal-soal slide yang dikasih dosen biasanya banyak keluar di ujian. Oh iya di tahun ini pula kalian bakal sering dikenalin dengan software-software komputasi engineering seperti Matlab/Scillab, yang bakal sering kepake buat ngerjain tugas sampe kalian ngerjain skripsi (Tugas Akhir) nanti, biasanya di tiap semester pasti ada kuliah make software perhitungan ini.

 Buku elektronika Malvino

Di tahun ketiga (Semester 5 dan 6) kalian bakal mempelajari mata kuliah yang lebih mendalam (yang biasanya nyambung sama semester sebelumnya) seperti Kontrol Otomatik, Pemrosesan Sinyal, Dinamika Sistem dan Simulasi, Sensor dan Aktuator, Transfer Kalor dan Massa, Fenomena Gelombang dan Analisis Termal. Di tahun ini salah satu kuliah yang cukup menantang dan paling menarik yaitu Kontrol Otomatik. Pengetahuan Matematika Rekayasa di semester sebelumnya, Dinamika Sistem (Semester 5) bakal kepake banget. Di mata kuliah ini bakal dipelajari Diagram Blok untuk berbagai macam problem (biasanya industri)., yang mana di diagram blok itu kamu bakal mengontrol berbagai macam parameter-parameter Fisika.  Bukunya pake Katsuhiko Ogata, emang tebel dan terkesan serem, tapi buku itu bagus, karena banyak latihan soalnya yang biasanya dikeluarin sama dosen di ujian. Di semester ini kalian juga masih ada kuliah praktikum (Lab Teknik Fisika) yang nyambung/paralel sama teori di kelas.

Buku Kontrol Otomatik Ogata

Sampailah di tahun keempat (Semester 7 dan 8), di tahun ini bakal banyak kuliah pilihan. Kuliah dasarnya paling cuma Laser dan Serat Optik, Instrumentasi dan Kontrol Industri, Kapita Selekta, dan Tugas Akhir. Di kuliah pilihan kalian diharuskan memilih beberapa mata kuliah yang kalian sukai. Jika boleh saya merekomendasikan, ada lima mata kuliah pilihan menarik di Teknik Fisika ini, yaitu : Teknik Pencitraan, Sistem Energi, Termodinamika Statistik, Teknik Optika, dan Rekayasa Lingkungan Termal. Pokoknya lima mata kuliah itu menurut saya keren banget deh, aplikasinya banyak. Nah, saat ngerjain tugas akhir(TA) jangan pernah ngerasa putus asa atau malas. Rajin-rajinlah ke lab untuk nanya teman atau dosen, penting juga menghubungi dosen walaupun dia super sibuk. Banyak kasus TA yang terlantar karena mahasiswanya ngegame, punya bisnis/usaha, frustasi, atau terlalu banyak 'main'. Yang jelas dibawa santai aja, terus berdoa dan berusaha. Kalau sudah mendekati sidang nanti, jangan paranoid duluan, kalo kalian emang ngerjain sendiri tugas akhirnya dan mempelajari bener-bener dari awal, pasti gampang kok. Intinya pas  menjalani sidang Tugas Akhir nanti, nggak seserem dan menakutkan yang kalian kira, Trust me, Guarantee..

Pusing Skripsi?No!

Nah, kalo kalian sudah lulus jadi Sarjana Teknik Fisika, tibalah saatnya saya beberkan perusahaan-perusahaan tempat kerja yang bakal nerima kalian (kalo mau ngelanjutin kerja), ini berdasarkan pengalaman yang saya alami dan dari teman-teman seangkatan, junior, maupun senior saya. Kalo kalian masih bingung selepas lulus mau kemana? jangan khawatir, itu wajar banget. Jadi selepas lulus Teknik Fisika, sebenarnya banyak pilihan jalur kerja seperti Management Trainee, Instrument Engineer, Elektronik Engineer, IT, System Engineer, Project Engineer, dll.



Perusahaan-perusahaan yang membutuhkan Sarjana Teknik Fisika :

1. BUMN

Untuk yang BUMN lulusan Teknik Fisika banyak banget dibutuhin seperti diantaranya di PT. Pertamina (BPS Pertamina), PT. PLN (Assistant Engineer Pembangkit/SCADA Engineer/ Assistant Engineer  Konstruksi), PT. Perusahaan Gas Negara (Instrument Engineer), PT. Aneka Tambang (Instrument Engineer/Electronic), ODP Bank (Mandiri/BRI/BNI), PT. Pupuk Sriwidjaja, PT. Rekayasa Industri, PT. Petrokimia Gresik, PT. Wijaya Karya (WIKA).

2. SERVICE/ENGINEERING

Untuk perusahaan swasta asing di bidang Oil and Gas Service (bukan oil and gas), perusahaan yang butuhin engineer Teknik Fisika Seperti Schlumberger, Halliburton, Saipem, Baker Hughes, Air Liquide Indonesia. Untuk EPC(Engineering Procurement Construction) seperti McDermott Indonesia, Kellog Brown Root (KBR), Tripatra Engineering. Industri material dan elektronika seperti PT. Rexplast, Indonesia Chemi Con, Bekaert, Thyssenkrupp Indonesia, Sinar Inti Indoraya, Sulzer Turbo Service.

3. OIL AND GAS/MINING

Untuk Oil and Gas, kalian bakal dibutuhin oleh Total EP Indonesie, Chevron Pacific Indonesia, Conoco Phillips, Royal Dutch Shell, ExxonMobil, British Petroleum (Castrol Indonesia). Di bidang Mining PT Freeport Indonesia membuka Graduate Development Program (GDP) yang tentunya Teknik Fisika pasti kepake, dan juga masih ada Kaltim Prima Coal, Krakatau Posco, Pamapersada Nusantara, Berau Coal.

4. OTOMOTIF

Di bidang industri otomotif engineer Teknik Fisika juga berkesempatan masuk Astra Internasional, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) jalur NEDP, Astra Honda Motor, Astra Daihatsu Motor, Multistrada, Traktor Nusantara.

5. IT/TELEKOMUNIKASI

Di bidang IT/telekomunikasi Sarjana Teknik Fisika juga laku di perusahaan seperti Huawei Tech Investment Samsung Electronics Indonesia, IBM (jalur Apprentices), Formulatrix Indonesia, Multi Adiprakarsa Manunggal (KARTUKU), Rajawali Citra Televisi (RCTI).

6. INDUSTRI MAKANAN/FARMASI/KOSMETIK

Di Industri makanan Sarjana Teknik Fisika juga eksis lho, seperti di  PT. Nestle Indonesia (management trainee), Kraft, PT Garudafood, PT. Mayora Indah. Di farmasi GlaxoSmithKline ( GSK) juga butuh. Perusahaan kosmetik ada Wardah (PT Paragon Technologi and Innovation).

Nah, demikian penjelasan saya, semoga bisa menambah wawasan teman-teman, terutama yang masih SMU yang masih bertanya tanya tentang Teknik Fisika. Pokoknya jangan serem/paranoid duluan denger nama Teknik Fisika (Udah Teknik, Fisika Pula). Jurusan Teknik Fisika ini kebanggaan lho di ITB, salah satu jurusan di ITB yang telah terakreditasi secara internasional (Akreditasi ABET/Accreditation Board for Engineering and Technology) bersama dengan Teknik Kimia, Teknik Elektro dan Teknik Kelautan. InsyaAllah alumni Teknik Fisika sukses-sukses. Jadi kalo kalian ditanya oleh teman atau orangtua kenapa pilih jurusan ini, kalian sudah bisa njelasin kenapa alasannya. Belajar yang tekun ya, biar jadi bagian dari keluarga Teknik Fisika ITB.. ;-)

Sekian, Terima kasih ya sudah mampir dan baca.. =)=)=)


1 komentar:

  1. makasi infonya mas, makin mantep dah keinginan masuk teknik fisika :D

    BalasHapus