Senin, 23 Juli 2012

Sehat Semangat Berpuasa

Sehat Semangat Berpuasa

Sehat semangat berpuasa merupakan beberapa tips aktivitas yang sebaiknya kita jalani saat berpuasa seperti misal makan sayuran dan buah segar saat sahur dan meminum air putih dan teh manis saat berbuka.
Selama berpuasa di bulan ramadhan aktivitas kita mengkonsumsi makanan dan minuman harus diperhatikan agar kita tetap semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Berikut ini ane bakal ngejelasin ke agan-agan sekalian tips tips apa aja nih supaye badan kita tetep seger buger pas bulan puasa.

Santap Sahur

Yang pertama pas santap sahur, usahakan agan agan sekalian perlu makan sayuran dan buah segar, sayuran nya terserah sih mau mateng apa mentah. Karena pas kite puasa nih, tubuh bakal kekurangan cairan, lemes dan gampang ngantuk. Mangkanye kite perlu makan tuh sayur n buah segar, yaa idealnya mungkin nasi, daging ato ikan (tapi kalo bisa jangan ikan berkuah kyk gurame asam manis n ikan bumbu kuning), sayuran yang berkuah (Misal Sop, Bayem, Kangkung atau Capcay), dan buah segar (Apel, Pisang, Jeruk). Untuk miniaman, sebisa mungkin kita minum susu hangat, teh atau jahe hangat. Karena jenis minuman ini selain bisa menghangatkan lambung juga menjadi sumber energi sehingga kuat melakukan aktivitas. Multivitamin juga boleh sih, kalo emang ada ato buah kurma buat tambahan bekal energi. Yaa, mungkin kebiasaaan warga Indonesia yang santap saur palingan nyalain alarm buat bangunin tidur (biasanya anak kost juga  ;-)), trus nyambil nonton TV acara komedi gitu, trus makan deh sambil ngatuk ngantuk. Nah, buat intermezzo aja, sbenernya sahur yang baik menurut tuntunan Nabi yaitu dengan mengakhirkan artinya semakin deket waktu imsak semakin baek. Trus demi sempurnanya ibadah puasa kita, yaa tahan ngantuk bentar lah nungguin adzan subuh.

Santap sahur
Sayur Sup
Buah-buahan
  

Berbuka

Nah, menjelang adzan maghrib biasanya kebanyakan umat muslim nonton kultum di tv ato kalo yang ngerencanain berbuka bersama mungkin ngabuburit dulu di jalan. Kalo adzan maghrib udah berkumandang bagusnya minum air putih anget atau teh manis anget dulu buat ngebatalin, tapi bagusnya sih yang manis n jangan dingin karena hal ini untuk menstabilkan lambung yang kosong selama sekitar 14 jam. Kalo lambung diisi dengan air dingin maka bisa terkejut n kontraksi. Nah, untuk makanannya kalo ada sih tiga butir kurma, ato kalo kepepet-kepepetnya dua gorengan lah. Yang penting jangan makan berat dulu kyk Nasi n lauk pauk gt. Karena hal ini berguna untuk membiarkan sistem pencernaan agan-agan bekerja secara tepat sesuai kebutuhan. Biasanya juga di masjid-masjid disediain takjil kyk kolak atau cendol, itu boleh juga buat ngebatalin. Nah, setelah shalat maghrib baru deh kita makan berat pake nasi n lauk pauk, tapi jangan berlebihan ya, nanti kekenyangan malah malas n nggak nyaman shalat tarawihnya. Kalo agan tahan, lebih mantabs lagi kalo makan beratnya abis tarawih. Untuk hidangan berbuka yang ideal menurut ane adalah nasi merah pake sate ayam, nasi merah pake soto ayam, atau spaghetti saus tuna. Untuk pencuci mulutnya bisa pake salad buah, jeruk atau pisang.

Waktu berbuka puasa


Pola Tidur

Biasanya nih, di bulan puasa banyak yang pola tidur nya terganggu. Supaya kita cukup istirahat, maka tidur lebih awa bisa jadi solusi biar nggak ngantuk pas bangun sahur dan menjalani aktivitas sehari-hari. Sehingga tetap sehat semangat berpuasa.

Tidur

Di Tempat Kerja

Kalo udah mulai terasa ngantuk, segera pergi ke kamar mandi untuk mencuci muka dan mata yang lelah. Mengurangi kecerahan komputer agan dan memberikan pencahayaan yang cukup di ruang kerja juga bisa membantu menghindari stress pada otot mata dan syaraf sehingga tidak cepat lelah.

 Stress

Pola Hidup

Jadi intinya pola hidup sehat emang harus tetap di bulan puasa ini gan supaya tetap sehat semangat berpuasa. Pola hidup bersih, pola hidup higienis harus tetap kita biasakan supaya terhindar dari penyakit. Olahraga sebenarnya bagi agan agan yang kuat juga tetep bisa dijalanin di bulan puasa ini, tapi ya olahraga ringan kyk fitness n jadwalnya sebelum waktu berbuka puasa dengan tentunya mengurangi intensitas latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar