Kamis, 12 Juli 2012

Basic Search Engine Optimization

Teman - teman semua, di tulisan saya kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Basic SEO (Search Engine Optimization) yang merupakan tugas utama SEO di GroupM Interaction Indonesia. Yang pertama harus dipikirkan oleh seorang SEO adalah memikirkan list dari keyword, rangkum seluruh kata atau frasa yang mungkin saja digunakan oleh orang untuk mencari site yang kita berikan. Kita dapat menggunakan Tabel Excel untuk me-list seluruh keyword seperti dibawah ini.

                                                        worksheet excel dengan list keyphrase

Setelah kita mendapatkan list dari keyword/keyphrase gunakan database search engine untuk mendapatkan data lebih lanjut tentang site yang dicari oleh kebanyakan orang. Tiga sumber yang biasa digunakan adalah sebagai berikut :
1. Wordtracker ( http://www.wordtracker.com/?subid=sip )
2. Google Keyword Tool (https://adwords.google.com/o/Targeting/Explorer?__c=1000000000&__u=1000000000&ideaRequestType=KEYWORD_IDEAS)
3. Keyword Discovery (http://www.keyworddiscovery.com/search.html)
 Sejauh ini, yang paling sering kita gunakan adalah Google Keyword Tool yaitu Google Adwords.

Setelah itu kita juga perlu mengamati site dari kompetitor kita. Setiap SEO sejatinya merupakan pengintai (spy) bagi tiap kompetitor mereka. Cara yang biasanya digunakan juga adalah dengan menggunakan Google Keyword Tool. Misalkan kita menjual makanan anjing (dog food), maka dengan mengetik frase dog food pada mesin pencari, akan muncul semua kompetitor-kompetitor utama kita

                                       gambar dilingkari merupakan topsite untuk keyword dog food
tampak pada gambar site teratas untuk kategori keyword dog food yaitu URL : http://www.petfooddirect.com/. Nah, sekarang bawa link URL site tersebut ke Google keyword Tool yaitu Google Adwords, untuk menggenerate ide ide keyword yang relevan dengan menggunakan konten website. 

                                                               Google Keyword Tool
Setelah menunggu beberapa saat, Google Adwords akan menampilkan list dari keyword yang digunakan oleh kompetitor kita. Dengan demikian kita dapat melihat apa yang ditampilkan oleh kompetitor-kompetitor kita, sehingga dapat digunakan untuk membuat site kita lebih baik lagi.

Sekian sebagian sharing saya tentang SEO, semoga bermanfaat..
Terima kasih sudah mampir... =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar