Kamis, 19 Juli 2012

Dada Sesak Sehabis Futsal

Dada Sesak Sehabis Futsal

Dada sesak sehabis futsal merupakan salah satu efek yang ditimbulkan oleh olahraga permainan seperti futsal karena gangguan organ tubuh atau juga bisa dikarenakan faktor fisik dan usia. Guys, bagi kamu-kamu semua yang jarang sekali berolahraga secara teratur, sebaeknya terlebih dulu ngecek kondisi kesehatan dulu deh sebelum ngikutin olahraga permainan yang sifatnya kompetisi. Karena olahraga permainan (futsal) ini bisa nyebabin ritme nafas kamu jadi tidak menentu sehingga jarak antar detak jantung jadi nggak stabil. Pada saat kamu futsal temponya bisa tiba-tiba cepat atau tiba-tiba lambat, karena pastinya kamu bakal sewaktu-waktu lari-lari ngejar bola dan sewaktu-waktu diam di tempat.

Olahraga futsal

Hal ini pernah gw alami abis maen futsal belom lama ini, jadi ceritanya gw maen futsal abis-abisan dari ashar sampe ampir maghrib, pas sampe rumah jam 7 malem masih biasa-biasa aja. Nah, pas istirahat tidur jam 12, gw kebangun jam 2 dimana disitu gw ngerasain dada gw sesak banget, jantung gw berdegup kenceng, badan panas, gw takutnya paru-paru basah. Untungnya jam 4 subuh gw akhirnya bisa tidur sampe jam 8 pagi. Dari kejadian itu gw banyak nyari artikel tentang bahaya apa aja yang mungkin muncul abis kita main futsal seperti dada sesak sehabis futsal ini dan juga kemungkinan lainnya seperti penyakit jantung.

Jadi, dari banyak artikel yang udah gw baca, bagi yang usianya udah diatas 50 tahun, dan punya resiko tinggi mengalami gangguan jantung, lebih baik ngikutin olahraga aerobik aja seperti jalan cepat, jogging, renang, sepedahan. Latihan kekuatan, latihan kelenturan, yoga, dan taichi merupakan jenis-jenis olahraga yang direkomendasikan untuk orang lanjut usia (diatas 50 tahun). Dan buat kamu yang usia udah 30an sebaiknya berlatih sedikit demi sedikit atau berolahraga ringan secara rutin sebelum mengikuti olahraga permainan dan yang paling penting adalah pemanasan sebelum memulainya. Perubahan mendadak untuk tubuh yang tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik berat akan sangat membahayakan organ dan saluran pernafasan. Dan seperti yang udah gw jelasin diatas, gak ada salah nya kalo kita melakukan pengecekan kesehatan dulu sebelum berolahraga futsal, salah satu diantaranya adalah pemeriksaan treadmill yang merupakan salah satu skrining yang bisa mengidentifikasi adanya permasalahan pada jantung kita.

Gangguan pernapasan

Menurut dr.Ari F. Syam, Ketua Advokasi PB PAPDI, Departemen Penyakit Dalam FKUI RSCM, sepakbola dan futsal merupakan olahraga yang membuat jantung kita bekerja keras. Kadang harus sprint, berlari kesana kemari, hal ini bisa menimbulkan stress tertentu apalagi kalau melakukan olahraga tersebut secara serius yang memicu serangan jantung dan pecahnya pembuluh darah otak.

Sebenarnya gangguan organ pernapasan dan jantung bukan hanya dapat terjadi oleh kita yang jarang berolahraga, bahkan pemain profesional pun yang secara fisik lebih terlatih juga masih terancam penyakit jantung seperti misal yang pernah dialami Fabrice Muamba dan Piermario Morosini belum lama ini. Bahkan artis indonesia Adjie Massaid dan Basuki juga meninggal setelah melakukan aktivitas berat Olahraga Futsal ini.

Gangguan jantung pada pesepakbola professional

So guys, sebelum kalian main futsal, nggak ada salahnya kalo kalian melakukan tips-tips diatas..

=)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar