Selasa, 07 Agustus 2012

Asuransi Untuk Hidup yang Terencana


Asuransi merupakan bentuk perlindungan keuangan dalam bentuk investasi untuk menanggulangi risiko di masa depan pada problem kesehatan, properti, jiwa dan sebagainya. Nah, di artikel ini akan saya jelasin dikit tentang apa sih itu asuransi? Apa aja produk dan kenapa musti ngikutin program asuransi?


Pertama saya mulai dari sistemnya, produk asuransi umumnya memiliki sistem berupa pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan - perlindungan dari kerugian aset, risiko kematian, santunan bila terjadi musibah. Ya, semacam jaga-jaga dari ancaman dan bahaya yang mungkin aja terjadi di masa depan. Pada umumnya setiap orang yang ngikutin program asuransi punya tujuan untuk perencanaan keuangan di masa depan yang sifatnya jangka panjang maupun jangka pendek. Asuransi jangka panjang contohnya asuransi jiwa. Asuransi jiwa ini memberikan jasa dalam menanggulangi risiko yang dikaitkan dengan hidup atau matinya seseorang yang dipertanggungkan. Sedangkan asuransi jangka pendek misalnya asuransi kerugian, yang mana asuransi ini untuk menggantikan kerugian yang bersangkutan yang terjadi dengan barang - barang berharga yang dimiliki misalnya asuransi pengangkutan barang.

Asuransi diatur dalam hukum seperti tercantum pada Undang Undang No. 2 Tahun 1992 tentang usaha perasuransian. Dalam asuransi juga dikenal istilah penanggung (badan yang menerima risiko) dan tertanggung (badan yang menyalurkan risiko)

Pentingnya perencanaan masa depan secara ter organisasi dengan mengikuti program asuransi merupakan langkah cerdas dalam mencapai tujuan - tujuan hidup kita, karena strategi ini bisa mengurangi berbagai risiko dalam penanggungan biaya hidup akibat musibah atau kerugian yang mungkin terjadi.

Untuk perencanaan keuangan yang baik perlu manajemen anggaran keuangan yang baik. Anggaran keuangan setiap orang pastinya berbeda tergantung mata pencaharian dan gaya hidup sehari - hari. Alokasi anggaran perbulan harus digunakan untuk seefektif dan sehemat mungkin sesuai jadwal. Menabung di bank sejak dini sangat dianjurkan di semua strata ekonomi untuk perencanaan keuangan yang baik di masa depan. Pun, Stabilitas nilai mata uang Rupiah terhadap barang dan jasa tercermin pada laju inflasi dan juga terhadap nilai mata uang negara lain harus tetap terjaga.

Dalam mengajukan asuransi, ada sejumlah Standar Operating Procedure (SOP) yang harus diipenuhi. Dalam mengikuti asuransi kita akan diminta membayar sejumlah uang premi yang biasanya dibayarkan tiap satu bulan, tiga bulan, setengah tahun, tahunan, atau dibayar tunggal (satu kali bayar seumur hidup). Sistem pembayaran dengan cara diangsur umumnya disukai masyarakat karena uangnya digunakan untuk kebutuhan lain, walaupun jika dihitung jatuhnya lebih mahal.

Pentingnya Asuransi


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih program asuransi, karena tidak semua kerugian ditanggung pihak asuransi. Yang pertama, pilih resiko yang diasuransikan apakah kerugian saja atau risiko spekulatif (bisa rugi bisa untung). Yang kedua, siapkah membayar tagihan premi? karena kalau berhenti di tengah jalan uang nggak bisa kembali dan kalau terjadi apa-apa, nggak dapet biaya penanggungan. Terakhir, cari informasi tentang program asuransi yang pingin diikutin, bisa lewat rekan bisnis atau internet. Jangan sampai kita salah memilih perusahaan asuransi gara-gara perusahaan tersebut males alias susah ngasih uang pertanggungan pas terjadi klaim padahal udah memenuhi syarat.

Nah, oleh karena itu perlu proyeksi yang baik untuk perencanaan masa depan yang baik, diantaranya mengikuti asuransi. Peramalan atau forecasting ala pelaku pasar modal yang handal, juga akan mempengaruhi kemampuan kamu mengelola anggaran keuangan yang baik. Yaa, dikit-dikit skill akuntansi bikin kamu tambah perfect, laah.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar