Selasa, 18 September 2012

Tidur di Istiqlal

Tidur di Istiqlal

Tidur di Istiqlal, yak di postingan kali ini ane ceritain pengalaman ane waktu mengantuk sambil nunggu adzan dan abis shalat di masjid yang ada di daerah medan merdeka ini.

Jadi waktu itu ane baru aje selesai ngikutin tes wawancara perusahaan BUMN di gedung daerah medan merdeka. Nah, sambil nunggu hasil wawancara (secara jarak antara wawancara dan pengumuman 5 jam lebih) ane sempetin deh ngubek-ubek masjid Istiqlal dan sekitarnye. Sebenarnya tidur di Istiqlal ini pengalaman ane yang kedua gan, nginjek masjid Istiqlal, dulunye pernah sekali ama temen ane bertiga tapi cuma bentaran.

Jadi, sekitar jam 12.00 siang ane masuk ke dalem masjid Istiqlal buat shalat dzuhur dan istirahat sebentar. Sehabis shalat ane rebahan sebentar tidur di Istiqlal sambil mandangin kubah masjid yang gede and keren banget gan. karena cuma hari biasa, yang ibadah shalat ya cuman sedikit, cuma dua shaf doang. Sebenarnya perasaan pas shalat disana sih biasa aja, sama kayak di masjid biasanya. Cuma di masjid istiqlal ini karena terbesar di Asia Tenggara, yaa fasilitasnya pastinya sedikit wah gan. Disini kotak amal ada dimana-mana gan, diluar didalem, ukurannya juga gede gede (sepinggang ane) dan berbahan logam. Tempat wudhu juga bentuknya melingkar dan nyala kerannya sedang. Mihrab nya sederhana sih menurut ane. Yang jelas tempat ibadah umat Islam di daerah Jakarta Pusat ini selalu terisi jamaah yang penuh saat hari besar seperti shalat idul fitri atau shalat idul adha, dengan pejabat pejabat hadir di dalamnya yang bisa juga kita lihat lewat televisi.

Jamaah masjid Istiqlal

Waktu ane rebahan, karena malemnya nggak tidur sama sekali, lumayan lah tidur-tidur ayam sebentar walau nggak nyenyak. AC nya juga nggak begitu kerasa soalnya. Selama dua jam lebih gan ane tidur di Istiqlal dalam keadaan terjaga, yaa namanya aja tidur beralaskan karpet, nggak ada kasur, bantal, guling, sprei dan selimut, ya pastinya bedalah rasanya, jama'ah juga pada lalu lalang buat shalat, pastinya nggak nyenyak n nggak mimpi apa-apa. Tapi ane nggak tau juga sih gan, pas tidur mendengkur apa nggak. yang pasti ane gak mimpi apa - apa deh, selama disana. yaah, tapi pengalaman juga  tidur di istiqlal. hehe.. =)

Nah, cerita punya cerita, dulu waktu pertama kali ane ke istiqlal nih yang barengan temen - temen ane. Kan nih masjid deketan banget tuh sama monumen nasional, ya jadi deh abis shalat jumat ane bertiga sama temen - temen ane maen ke monuumen nasional. Monumen yang terkenal dengan tugu emas nya yang jadi ikon jakarta. Nah jadi sedikit ngomongin sejarah monas, jadi monumen nasional nih dibangun atas perintah presiden soekarno pada 17 agustus 1961 dan dibuka umum pada 12 juli 1975. Nah lokasi pembangunan momen ini jadi dikasih nama medan merdeka yang kita kena sekarang ini. Nah, kalo tugu emasnya sendiri ini merupakan sumbangan orang terkaya di Indonesia saat itu, yaitu Teuku Markam, asal Aceh. Monumen nasional yang sehari harinya menjadi tempat wisata ini harga tiket masuknya seinget gw Rp. 2500 terus kalo mau naik ke puncak jadi 7500, gak mahal kanya. Di dalemnya kita bisa ngelihat peninggalan - peninggalan masa proklamasi kemerdekaan indonesia. O iya, di dekat monas juga ada stasiun gambir, yang bisa kita tumpangin buat kalo antar kota dan antar propinsi..

okeyy... =)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar